Anthony Steven's WebLog

Ini Blog simple, isinya tentang hidup g yang simple.. yah moga-moga aja gak terlalu simple, tp jangan keribetan juga, pusing.... ya GBU all!

Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Thinker

Monday, March 20, 2006

Do SomeThinG!

Sekarang udah malem bgt, g abis download data statistik, dan g baru aja manggil si felu untuk gantian browsing tapi dia dah ketiduran (yah, rejeki masa ditolak, hehehe)

Entah ya, udara malem yg rada dingin-dingin empuk ini kok jadi bikin g pengen bicara... Ya udah deh g bicara.. G tadi sore banyak ngobrol ama temen g amel soal pendidikan, setelah ngobrol g jadi kepikiran sama yg namanya tindakan.

Ya betul, tindakan... g kepikiran banget soal itu.. Misalnya begini, kamar lu kotor, lu pengen kamar lu bersih, tindakan apa yg lu ambil? Beresin kamar, misalnya buat yg rajin, buat yg kaya panggil pembantu.. kan gitu.. :)

Itu baru kamar kotor, gimana kalo hal yg pengen diberesin hal yg gede.. misalnya soal korupsi di negara ini.. ato soal pendidikan seperti yang tadi g omongin, ato soal apalah pokoknya pikir aja yg parah-parah, gimana coba? What can we do? Selain berdoa, berharap, bertahan, dan setia (ke-4nya aja udah susah loo).

Disinilah point dari yg mao g bicarain, gak peduli keadaan kayak gimana... situasi ato kondisi kayak gimana.. please believe me something guys.. we can do something! Always. Keadaan emang gak selalu menjanjikan yg baik, tapi sikap kita bisa selalu kita buat menjadi sikap yang terbaik. Jangan pernah tergantung sama keadaan.

Betul kok, kita bisa lakuin sesuatu, gimana caranya, begini step-stepnya:

1. berdoa

Yah, ini pasti nomor satu, sehebat-hebatnya manusia, harus tetap berserah sama Tuhan...

2. Definisikan Masalah dengan jelas dan konkrit

Ini penting, definisikan masalah dengan jelas dan konkrit, sekonkrit-konkritnya kalo perlu.. Misalkan kita gak suka sama cara kerja bos kita di kantor.. Definisikan masalahnya! Kenapa kita gak suka? Apa saja yang kita gak sukai? Ada penyebab dia sampe bersikap begitu (mungkin karena kita juga, bisa aja kan)? Bagaimana cara mengubahnya? Sampai sejauh mana kita mau mengubahnya? (penting, kita perlu tujuan yg jelas.. setiap perusahaan pasti punya visi dan misi kan? ) Definisikan, itu penting, coba kalo di soal ujian mana dulu yg ada, pasti pertanyaan kan baru jawaban, dan semakin jelas pertanyaannya, semakin mudah kita menjawab.. Ok, inget ya.. definisi

3. Rencanakan tindakan

Setelah masalahnya jelas dan terdefinisi, baru kita rencanakan tindakan, ingat! rencananya juga harus jelas dan konkrit! Harus mencakup apa yang mau dilakukan, jangka waktu perkiraan, misal kalo melakukan b dalam waktu c akan terjadi d. Dan juga plan b,c,d.. Jangan tergantung pada satu plan aja dan ingat be flexible!. Jangan kaku, tapi tetap disiplin.

4. Lakukan

Lakukan rencanamu, impikan keberhasilanmu, selalu bersiap kalo ada yg buruk terjadi, tetap bertekad baja, jgn gampang menyerah! Ingat dari awal masalah dan tujuan harus jelas.. dan harus mempunyai dasar moral yang tinggi dan kebenaran. Contoh tujuan yang bener : nolongin orang, COntoh tujuan yg salah : bales dendam.. hehehe

OK itulah tips dari gua, semoga gak menggurui apalagi menguliahi, besides gua kan bukan dosen... eheheheh

GBU

2 Comments:

Blogger BoYa19 said...

IN my opinion...

Don't just talk but SHOW me...

I believe in what all that you said but HAve you done it yourself?
Coz lot's of people in Indonesia is NATO(No Action talk Only) juzt talk and do nothing (i think that include me :P )

10:32 AM  
Blogger Anthony Steven said...

yaaa g emang mulut besar, semoga aja bukan cuma mulut tapi perutnya juga ahahaha (tindakannya)..

Do SOmething!

2:44 AM  

Post a Comment

<< Home