Anthony Steven's WebLog

Ini Blog simple, isinya tentang hidup g yang simple.. yah moga-moga aja gak terlalu simple, tp jangan keribetan juga, pusing.... ya GBU all!

Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Thinker

Monday, March 27, 2006

Sebab dan Akibat

Ada Sebab terus ada Akibat
rumusnya gini :

Karena S Maka Ada A

Hukumnya gini :

K(S) = Ma(A)

Kalo diexpand jadi gini

K(S) = Ma(A)
Ma(A) = K(S1)
K(S1) = Ma(A1)
Ma(A2) = Ka(S2)
...
K(Sn) = Ma(An+1)
Ma(An) = Ka(Sn)

Ahaha, keren gak sih?

Intinya Sebab(0) menyebabkan Akibat(0), trus Akibat(0) menjadi penyebab dari suatu akibat lain sehingga kita sebut Akibat(0) = Sebab(1), trus Sebab(1) jadi penyebab Akibat(1), trus dst deh...

Jadi di dunia ini selain Tuhan, gak ada yang simsalabim, setiap akibat pasti ada sebabnya... dunia yang indah ya..


eits...



Tunggu dulu mas dan mbak


Gak seindah itu juga sih...
Karena sebab dan akibat itu gak berjalan satu garis aja, melainkan terjalin dalam benang-benang kusut bin ribet, contohnya gini :

Sebab(0) = Lingkugan masyarakat yang jelek, ekonomi yg semrawut, dll
Akibat(0) = Karya sastra jadi bernada negatif, penuh satire dan gelap

atau gini

Sebab(0) = Karya sastra bernada negatif, penuh satire dan gelap
AKibat(0) = Lingkugan masyarakat jadi jelek, ekonomi yg semrawut, dll

Asli, nulis gini tanpa maksud nyalahin sastra sekarang, soalnya gua juga suka satra ahaha.... Cuman maksud gua gini aja, seringkali yang kita anggap akibat itu adalah sebab itu sendiri... atau seringkali dari akibat yang terjadi, kita salah mengartikan sebab yang menjadi penyebab akibat tersebut... bingung? saya juga bingung sodara!

Misalnya gini :

Akibat(0) : Nilai saya jelek

Terus kita asumsi Akibat ini karena -> Sebab(0) : Saya bodoh...
Padahal sebenernya gak begitu, asumsi kita salah harusnya -> Sebab(0) : Saya menganggap diri saya bodoh...

Tapi karena kita salah asumsi, asumsi kita yang mengatakan "Saya Bodoh", menyebabkan suatu kondisi dimana kita sulit keluar.... akibatnya nilai kita jelek terus deh....

Atau gini :

Sebab(1) : Keadaan di sekeliling g jelek,
Akibat(1) : Saya ngeluh-ngeluh

Itu asumsinya, padahal selain fungsi di atas ehehe, ada juga fungsi yang terjadi yaitu:

AKibat(1) = Sebab(2)= Saya ngeluh-ngeluh
Akibat(2) = Keadaan di sekeliling saya jadi tambah jelek...

Yah, itulah makanya, kita harus hati-hati dan cermat terhadap hal-hal seperti ini... OK? tetap berjuang kawan! Tetap bersyukur selalu...

GBU

2 Comments:

Blogger Unknown said...

apaan sih to?
bingung gw...
hahahaa...

4:26 PM  
Blogger Anthony Steven said...

gpp g juga bingung ahaha

5:36 PM  

Post a Comment

<< Home